Cobalah Mainkan Permainan Domino Ini!

Meskipun ada lebih banyak permainan rumit, permainan paling dasar yang melibatkan domino adalah permainan eliminasi sederhana; mainkan semua kartu domino Anda terlebih dahulu untuk memenangkan ronde.

Versi permainan ini, yang dikenal sebagai Draw, tidak memerlukan peralatan tambahan dan dapat dimainkan oleh dua hingga empat pemain. Berikut ulasan mengenai game domino.

Pengaturan

Untuk memulai, semua kartu domino harus diletakkan menghadap ke bawah di atas meja dan dicampur untuk mengocoknya. Kemudian, setiap pemain mengambil satu kartu domino, dengan kartu domino tertinggi yang menentukan siapa yang lebih dulu.

Setelah pengocokan ulang, masing-masing pemain menggambar tujuh kartu domino dalam permainan dua pemain dan lima kartu domino dalam permainan tiga hingga empat pemain. Sisa kartu domino dibiarkan tertutup dalam tumpukan undian pusat yang dikenal sebagai “boneyard.” Pemain pertama menempatkan satu kartu domino di tengah meja, yang disebut “set”.

Memainkan Domino

Untuk memainkan kartu domino selama giliran Anda, Anda harus memiliki kartu domino yang cocok dengan akhir set. Misalnya, jika akhirnya adalah enam, Anda harus memiliki domino dengan enam di satu sisi untuk memainkannya. Ujung yang cocok berbaris dalam garis lurus, kecuali ruang meja menjadi masalah.

kasus ini, Anda dapat mencocokkan ujungnya tetapi memiliki domino yang berubah arah pada sudut kanan. Domino dua sisi harus dimainkan secara vertikal melewati garis permainan saat ini, tetapi sebaliknya berfungsi dengan cara yang sama seperti domino biasa.

Bagaimana Cara Memainkan Permainan Domino?

Menggambar Domino

Pemain dapat menarik dari boneyard setiap kali mereka tidak memiliki domino yang bisa dimainkan. Jika domino yang ditarik juga tidak dapat dimainkan, mereka harus terus menggambar sampai domino yang dapat dimainkan ditarik. Karena tujuannya adalah untuk memainkan semua kartu domino Anda sebelum pemain lain, ini bisa sangat merugikan.

Memenangkan Game

Permainan berakhir ketika seorang pemain telah memainkan semua kartu domino di tangan mereka. Bergantian, permainan juga berakhir jika boneyard kosong dan tidak ada yang memiliki kartu domino yang bisa dimainkan di tangan mereka. Dalam hal ini, titik-titik pada domino yang belum dimainkan masing-masing pemain dihitung, dengan jumlah titik terendah menjadi tangan yang menang. Dalam game multi-putaran, pemenang mayoritas putaran memenangkan game secara keseluruhan; misalnya, memenangkan dua dari tiga putaran.

Dalam permainan blok, pemain yang tidak dapat menyamai giliran mereka harus kehilangan gilirannya dengan mengetuk (mengoper) – dilakukan dengan mengetuk dua kali di atas meja atau dengan mengatakan, “pergi” atau “lulus”.

Dalam permainan draw, pemain yang tidak bisa menandingi harus menarik tulang dari boneyard sampai mendapatkan tulang yang bisa dimainkan. Menurut sebagian besar aturan, dua tulang terakhir dalam boneyard mungkin tidak ditarik. Jika boneyard habis (hanya dua tulang yang tersisa), pemain mengetuk.

Poin Skor

Meskipun tidak semua versi domino menggunakan skor, ada sejumlah sistem penilaian. Beberapa memiliki sistem “poin terbanyak menang”, di mana pemain yang kalah putaran menghitung titik-titik pada domino yang belum dimainkan sebagai skor dan pemain dengan poin paling sedikit di akhir permainan secara keseluruhan menang.

Beberapa sistem menggunakan yang sebaliknya, dengan poin terbanyak menang dan pemain yang menang tangan menghitung titik pada domino yang belum dimainkan lawan mereka untuk menghitung skor. Dalam beberapa variasi pada sistem kedua ini, nilai set point ditentukan sebelumnya sebagai skor kemenangan, dengan pemain pertama yang mencapainya dinyatakan sebagai pemenang keseluruhan.